Senin, 17 Agustus 2015

pengertian procesor (CPU)


By on 21.00

Pengertian Processor yang paling mendasar adalah otak utama dari sebuah komputer. Pada dasarnya processor inilah yang biasa disebut dengan CPU (Central Processing Unit), unit pemroses utama dalam memerintahkan program yang akan dijalankan oleh sebuah komputer. Processor merupakan otak dan pusat pengendali dari sebuah komputer yang didukung oleh kompinen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Letak dari processor adalah di dalam kantong yang telah disediakan dalam motherboard komputer, komponen kecil ini mempunyai kekuatan yang sangat besar, karena processor adalah bagian komputer yang menentukan kecepatan dari sebuah komputer. Hal ini lah yang membuat sebuah komputer dapat melakukan segala jenis kegiatan yang bisa dilakukan oleh sebuah komputer.

Gambar Pengertian Processor

Pengertian Processor
Pengertian processor belumlah lengkap tanpa keterangan pada beberapa bagian processor, karena processor tersebut tidak bisa bekerja dengan maksimal tanpa bagian-bagian tersebut. Bagian pertama adalah unit control, merupakan unit utama dari sebuah processor yang mengontrol program dan kinerja semua bagian processor. Register, merupakan memori kecil yang digunakan untuk menyimpan data sementara. CPU Interconnection (BUS), adalah sistem koneksi yang menghubungkan bagian dalam CPU dan juga koneksi CPU kebagian yang lainnya. Dalam sebuah processor terdapat sebuah kemampuan yang dapat mengatur segala jenis kegiatan yang dapat dilakuan oleh sebuah komputer, kemampuan tersebut memiliki satuan yaitu MHz dan GHz.
Karena processor merupakan otak dari sebuah komputer maka semakin tinggi frekuensi GHz dan MHz nya maka semakin cepat kinerja sebuah processor. Dengan kata lain processor semakin tinggi berarti semakin pintar dan cepat dalam menjalankan setiap program pada komputer. Dalam menjalankan tugasnya, processor tidak dapat bekerja sendiri, oleh karena itulah beberapa komponen yang telah dijelaskan diatas menjadi hal yang patut dipelajari juga. Meskipun pengertian processor pada dasarnya adalah otak dari sebuah komputer, tetapi otak tidak akan berarti jika tidak ada komponen atau bagian yang akan digerakkan. Semua komponen yang telah dijelaskan diatas mempunyai peran dan tugas masing-masing, oleh karena itulah bagian-bagian tersebut sangat peting juga untuk dipelajari.
Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian processor, semoga artikel kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Bagian-Bagian Motherboard, Pengertian Motherboard, Fungsi Motherboar'\
sumber:http://komponenelektronika.biz/pengertian-processor.htm

About Syed Faizan Ali

Faizan is a 17 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

0 komentar:

Posting Komentar